Inikah Isi Sumpah Setia Menteri ESDM Arcandra Pada Amerika? Sungguh Mengerikan


Penjelasan pemerintah Joko Widodo (Jokowi) terkait status kewarganegaraan Arcandra Tahar masih mengambang.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno usai mendampingi Presiden Joko Widodo membuka Jambore Nasional X 2016 di Cibubur, Minggu siang (14/8), mengatakan bahwa Arcandra memegang paspor Indonesia dan masuk Indonesia dengan menggunakan paspor itu.

Pernyataan ini tidak tegas mengatakan apakah Arcandra yang kini adalah Menteri Energi dan Sumber Daya (ESDM) juga memiliki paspor Amerika Serikat.

Berbeda dengan Indonesia, Negeri Paman Sam itu membenarkan dwi kewarganegaraan. Imigran yang dianggap telah memenuhi syarat diberi kesempatan menjadi warganegara Amerika Serikat.

Perlu diketahui, sebelum dinyatakan sah menjadi warga negara Amerika Serikat, seorang imigran wajib membaca sumpah setia, yang bila di terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berbunyi sebagai berikut:

“Saya dengan ini menyatakan, bersumpah, bahwa saya benar-benar dan sepenuhnya meninggalkan dan mengharamkan semua ikatan dan kesetiaan pada pemerintahan asing, penguasa, negara, atau kedaulatan apapun yang mana saya selama ini menjadi subjek atau warga negara;
bahwa saya akan mendukung dan membela Konstitusi dan hukum dari Amerika Serikat dari semua musuh, baik asing dan domestik;
bahwa saya akan memegang teguh keyakinan dan ikatan setia kepada sesama;
bahwa saya akan mengangkaty senjata atas nama Amerika Serikat bila diminta oleh hukum;
bahwa saya akan menjalankan non kombatan di Angkatan Bersenjata Amerika Serikat bila diperlukan oleh hukum;
bahwa saya akan melakukan pekerjaan kepentingan nasional di bawah arahan sipil bila diperlukan oleh hukum;
dan saya mengambil kewajiban ini tanpa tekanan mental atau tujuan penggelapan;
Tuhan bantulah saya.”

Bila Arcandra memang memiliki kewarganegaraan di Amerika Serikat, maka kehadiran dirinya di Kabinet Kerja pada posisi yang sangat strategis tergolong mengerikan dan kecelakaan sejarah yang amat besar.

Sumber: EraMuslim/Rmol

Belum ada Komentar untuk "Inikah Isi Sumpah Setia Menteri ESDM Arcandra Pada Amerika? Sungguh Mengerikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel